Selasa, 11 Januari 2011

Teater Nusa : Sepasang Merpati Tua


Pada hari Minggu, 25 Desember 2010 Teater Nusa SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik mendapat penghormatan untuk tampil dalam PARADE TEATER SE JAWA TIMUR yang diselenggarakan oleh UNIPA Surabaya dengan menampilkan Lakon "Sepasang Merpati Tua" karya Bakdi Soemanto dan mendapat sambutan meriah para penonton/apresiator.

Dalam proses satu naskah di perlukan waktu kurang lebih 3 bulan,namun dari pihak penyelengara memberi informasi kurang lebih 1 bulan,jadi selama satu bulan kami bekerja keras untuk mencapai kesempurnaan.

Meski naskah ini pernah dipentaskan sebelumnya,namun kami tetap bekerja keras untuk memberikan penampilan yang baik dan berbeda dari sebelumnya baik setting,costum,maupun musik nya. Perjuangan kami tidak hanya pada proses produksi ini namun perjuangan dalam mengajukan proposalpun harus kami hadapi penolakan berkali-kali dari pihak sekolah membuat semangat kami terus terpacu untuk menampilkan yang terbaik karena tidak sebanding dengan perjuangan kami.Susah payah yang kami lalui bersama adalah sebuah kenikmatan yang takkan terbayarkan dan takkan terlupakan.

Naskah ini menceritakan Masa lanjut usia adalah masa kebebasan, kenyataan menunggu sebagai pengisi detik-detik kehidupan. Masa dimana manusia bisa berlagak ataupun berandai-andai dengan harapan yang telah usang. Harapan yang tercecer saat masih segar. Kenyataan bukan lagi bahan omongan yang serius, pikiran yang bukan-bukan menjadi obrolan mengantar usia lebih tua.

Ketakutan akan kehidupan yang diwarnai pikiran-pikiran yang sadis membuat manusia merasa mati, tidak begitu yakin untuk hidup selama masih terbelenggu doktrin-doktrin, sistem-sistem dan konsep-konsep. Saat itulah manusia harus menhayati hidupnya, bukan menghayati disiplin mati itu.

Begitulah hidup ... kebiasaan-kebiasaan, ukuran-ukuran, tidak selalu cocok...saat masa tua tiba.

Proses ini berjalan dengan lancar baik di Gresik maupun saat di Surabaya.Sebelum pementasan di mulai yang dilakukan pertama yakni melihat situasi dan kondisi panggung dan langsung melakukan setting disana bekerja sama adalah hal yang sangat diperlukan sehingga pekerjaan lebih mudah dan cepat selesai.

Meski ada hambatan tapi kita bisa melewatinya dan akhirnya berhasil menampilkan hasil yang sempurna namun belum seutuhnya sempurna bagi kami. Kami harus terus belajar dan mencari wawasan agar lebih baik lagi baik belajar dari pengalaman sebelumnya maupun dari orang sekitar kami yang lebih berpengalaman lagi dalam dunia keteateran.Ini merupakan awal dari titik terang untuk teater NUSA dan semoga seterusnya kami bisa menampilkan yang lebih baik lagi.

Judul : Sepasang Merpati Tua
Naskah : Bakdi Soemanto
Pembina : Dicky Panca Aulia, S.Pd
Sutradara : anik
Pemain : Pey
: Zayang
Art Direct : akbar
Set Panggung : panzoel,danti,akbar,ivan,toni,ilham n dodik otek
Property : nadia,alfi n likha
Music : dio, adi, n obby
Lighting : miup n yusup
Make Up- :fais,ela,tyas n nita
Costume : eka n aya
Supervisi : rofiq n almira
Crew : NUSA n’ corp.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar