Senin, 05 Juli 2010

Bina Mentalitas Juang Remaja



PERAK ( Jawapos) - Beragam upaya pengenalan wawasan bahari terus dilakukan TNI-AL. Di antaranya, mengajak siswa berlayar bersama. Program itu dimulai sejak 28 Juni dan berlangsung hingga 2 Juli nanti. Sebanyak 211 siswa tingkat SMA asal Jatim dan Jateng mendapat pelatihan bina mental juang remaja bahari (BJRB) dari TNI-AL.

Kegiatan tersebut berlangsung di KRI Suharso. Berbagai pengenalan kehidupan di atas kapal perang hingga matra laut diperkenalkan kepada siswa. Misalnya, mendayung, pelajaran kebaharian, hingga kunjungan ke museum TNI-AL.

''Dengan mencintai kehidupan bahari dan wawasan Nusantara, dapat terbentuk mentalitas nasionalisme kebangsaan,'' katanya Komandan Lantamal V Brigjen TNI (mar) Halim A. Hermanto saat membuka kegiatan tersebut di Pangkalan TNI-AL Ujung.

Halim menambahkan, jiwa-jiwa patriotisme sudah saatnya dibentuk sejak masa SMA. Dia berharap, BJRB menjadi modal dasar membina mental generasi muda untuk melangkah lebih gigih mencapai cita-cita. ''Cita-cita bangsa harus dapat diteruskan seluruh generasi muda,'' tuturnya. (edw/c6/hud) [ Kamis, 01 Juli 2010 ]

Siswa smanUSA Ikut Berlayar di KRI Soeharso dan KRI Surabaya

Sehubungan dengan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) 2010 Sma Nu 1 Gresik mengirimkan 2 siswanya yakni Lazuardi Keris Muhammad dan Liza Andriani dari kelas X1 dan X2 untuk ikut terjun dalam event yang melibatkan 211 siswa SMA se-Jatim dan Jateng ini yang diadakan sejak 28 juni sampai 2 juli.

Selain pelatihan tentang fungsi operasional KRI event yang sudah diadakan 18 kali ini mengajarkan bagaimana dinamika kelompok,kepemimpinan,PBB,dayung perahu karet,pengenalan alat tempur marinir,dan berbagai ceramah ceramah pengarahan mental remaja.

“Event ini dapat membimbing kami untuk medapat wawasan bahari yang sangat luas dan melatih mental kami agar dapat memimpin bangsa di masa yang akan datang dan membuat kita yang ikut menjadi kreatif sesuai dengan yel yel yang sering diteriakkan dalam setiap kegiatan” kata Lazuardi Osis smanusa sie PADKS yang menjadi duta smanUSA Gresik.

Event yang tidak semua siswa dapat kesempatan ikut serta ini selain menarik karena bisa berlayar bahkan keliling laut Indonesia ini, juga mengajak para siswa untuk mengenal dan berlatih langsung dengan peralatan yang biasa digunakan Angkatan Laut Indonesia dalam mengawal Negara Indonesia dari serangan musuh. Sehingga diharapkan para siswa SMA peserta BJRB 2010 ini juga tertanam mental juang dan cinta tanah air.

Kedepan para peserta BRJB 2010 ini diharapkan bisa menjadi pemimpin pejuang yang bisa diandalkan oleh Negara tercinta, Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar