Minggu, 11 Juli 2010

Guru SMA Nusa Belajar Ngeblog

Hari ini tanggal 12 Juli 2010 guru SMA NUSA belajar bagaimana memanfaatkan blog menjadimedia pembelajaran sekaligus alat bantu dalam PBM.

Dalam upaya membudayakan aktivitas menulis di kalangan guru, SMA Nusa Gresik akan menggelar sebuah Workshop Pembuatan Blog untuk Peningkatan Profesionalitas Guru dengan mengusung tema “Membudayakan aktivitas menulis dan pemanfaatan blog untuk pembelajaran di kalangan guru”. Pelaksanaan workshop tersebut dilandasi oleh sebuah pemikiran bahwa di tengah pesatnya perkembangan teknologi internet seperti saat ini, sudah saatnya guru mengoptimalkan fungsi internet sebagai media virtual yang mampu menunjang aktivitas dan budaya menulis yang sangat besar manfaatnya dalam upaya mengembangkan profesionalisme guru. Ini berarti, blog dapat dijadikan sebagai media sekaligus sumber belajar yang interaktif, aktif, inovatif, kreatif, efektif, menarik, dan menyenangkan.
Akan tetapi, kenyataan menunjukkan masih banyak guru yang belum memanfaatkan blog sebagai media untuk mengembangkan aktivitas dan budaya menulis. Wilayah tugas dan kinerja guru semata-mata hanya dibatasi empat dinding ruang kelas sehingga belum mampu memberikan inspirasi kepada siswa didiknya untuk menjadi generasi masa depan yang cerdas secara intelektual, emosional, sosial, maupun spiritual. Dalam konteks demikian, perlu ada langkah konkret yang bisa menggugah semangat, memberikan inspirasi, dan meningkatkan kemampuan guru dalam membuat blog dan mengelolanya melalui workshop nasional pembuatan blog.
Workshop ditujukan untuk guru-guru di SMA NU-1 Gresik. Untuk tahap awal bagi guru yang mengajar di SBI dan selanjutnya, Insya’Allah semua guru dengan harapan dapat memberikan kontribusi dalam upaya meningkatkan profesionalitas guru dan eksistensi organisasi, serta menyosialisasikan pentingnya pemanfaatan blog sebagai media untuk mengabadikan dan memublikasikan pemikiran-pemikiran kritis, cerdas, dan kreatif. Adapun tujuan workshop, di antaranya: (1) mengembangkan kompetensi profesional guru dengan memanfaatkan blog sebagai media untuk mengembangkan aktivitas dan budaya menulis; (2) menambah informasi dan memperluas wawasan keilmuan para guru tentang media virtual sehingga dapat digunakan sebagai media ekspresi dan aktualisasi diri sesuai bidang keahliannya; (3) membudayakan aktivitas menulis di kalangan guru melalui blog sehingga guru dapat berkiprah dalam meningkatkan kualitas pendidikan; dan (4) mengeksiskan organisasi melalui pemanfaatan blog.
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari senin, 12 Juli 2010 di Ruang ITC SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik dengan Tutorial : Bapak Kriswanto Adji, Bapak Heru Iswanto dan Bapak Mochtar Khuluk. Insya’Allah kegiatan ini akan berlanjut di kalangan guru-guru di kalangan LP. Ma;arif Gresik. Semoga…….(KRIS ADJI AW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar